Setelah membuat blog wordpress dan mengenal dashboard wordpress, saatnya mengotak-atik tampilan blog agar sesuai dengan keinginan anda, istilahnya mengkustomisasi (customize) tampilan blog wordpress. Tentunya anda ingin punya blog yang unik, berbeda dengan blog-blog lain, karena blog anda akan menjadi identitas diri anda di jagad maya. Dan yang paling penting, tentunya anda ingin tampilan blog anda menarik sehingga banyak yang berkunjung. Mari kita kustomisasi blog wordpress kita.

1. Mencari Theme / Template Blog yang Tepat

Seperti masing-masing majalah yang punya ciri layout dan desain sendiri, demikian juga dengan blog. Tema (theme) wordpress yang akan kita pilih akan menentukan tampilan blog kita seperti warna, huruf, desain header dan jumlah kolom dari blog. WordPress.com menyediakan lebih dari 120 theme menarik yang bisa dipilih, dan terus ditambah.

Ingatlah untuk selalu menjaga tampilan blog agar konsisten dengan Ide Besar anda saat mulai nge-blog. Ini akan membantu pengunjung untuk segera mengetahui apakah mereka menemukan apa yang mereka cari saat mampir di blog kita. Anda bisa saja memilih template karena tertarik dengan keindahannya, namun tetap jangan mengabaikan segi fungsionalitas. Anda juga dapat menambahkan foto dan media lainnya nanti. Sekarang fokus untuk mencari template yang sesuai dengan Ide Besar anda.

Katakanlah anda punya blog foto. Dalam hal ini, anda sebaiknya memilih template kolom tunggal untuk memberikan ruang bagi foto anda di tengah halaman. Dengan template kolom tunggal, menu yang memungkinkan orang untuk menavigasi blog anda biasanya berada di atas atau bawah halaman. Sebagai contoh, template Duotone berikut:

Di lain pihak, mungkin anda mau memasukkan foto ke dalam blog, tapi juga berencana untuk memposting banyak artikel. Dalam hal ini, anda sebaiknya memilih template 2 kolom yang mempunyai pilihan untuk menampilkan header sendiri dan artikel pilihan, seperti Twenty Eleven:

Dalam memilih template, mestinya kamu mempertimbangkan tonal macam apa yang akan anda gunakan untuk blog. Jika blog anda berhubungan dengan bisnis, mungkin sebaiknya memilih sesuatu yang simpel dan terlihat profesional, seperti Coraline. Namun jika mencari sesuatu yang menyenangkan, mungkin untuk blog tentang barang kerajinan, template seperti Liquorice pilihan yang pas.

Untuk melihat pencarian template, cobalah menggunakan Feature Filters:

Ingatlah bahwa anda dapat mengganti template kapan saja, jadi tidak perlu khawatir misalnya saat ini pilihan anda tidak tepat.

Jika sudah menemukan template yang sesuai, aktifkan langsung dari preview template tersebut dengan cara klik template dan klik tombol aktivasi di pojok kanan halaman:

Jika ingin lebih dulu melihat tampilan template yang baru saja dipilih sebelum mengaktifkannya, lakukan dari Appearance > Themes dari area dashboard anda: